Tugas Pokok dan Fungsi

Sesuai Peraturan Walikota Palembang Nomor 70 Tahun 2016 tanggal 30 November 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perindustrian Kota Palembang, maka tugas pokok dan fungsi Dinas Perindustrian Kota Palembang adalah sebagai berikut :

Tugas Pokok Dinas Perindustrian Kota Palembang adalah melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah di bidang industri berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan petunjuk pelaksanaannya.

Fungsi Dinas Perindustrian adalah sebagai berikut :

a.    Pelaksanaan kegiatan dinas dan urusan kesekretariatan serta bidang yang ada dalam lingkungan Dinas Perindustrian Kota Palembang sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Walikota.

b.    Penyusunan visi, misi dan rencana strategis dinas.

c.    Perumusan, penjabaran dan pelaksanaan kebijakan operasional pembangunan daerah di bidang perindustrian.

d.    Penyelenggaraan usaha-usaha pembinaan dan pengawasan terhadap industri kecil dan menengah baik berupa peningkatan pengetahuan dan batuan peralatan yang bersumber dari pemerintah maupun swasta.

e.    Pelaksanaan komunikasi, konsultasi dan kerjasama dengan unsur Pemerintah Kota dan instansi serta masyarakat dalam usaha pelaksanaan tugas dan fungsi.

f.     Evaluasi dan pelaporan.

g.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan Walikota.